AYAH BUNDA, INILAH MAKANAN UNTUK KECERDASAN ANAK

Kecerdasan Anak - Kecerdasan anak cenderung dipengaruhi oleh faktor internal yaitu genetika. Akan tetapi beberapa faktor eksternal dapat meningkatkan kecerdasan si anak, faktor eksternal tersebut yaitu aktivitas fisik, stimulasi, asupan nutrisi dan kesehatan. Sehingga orang tua dapat membantu dalam dalam merangsang kecerdasan anak dengan memberikan asupan nutrisi yang terbaik.

Berikut ini adalah makan untuk kecerdasan anak.

1.  Ikan salmon

Tidak dapat dipungkiri bahwa ikan salmon mengandung nutrisi yang baik bagi otak anak. Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 terbaik. Dalam asam lemak omega-3 mengandung EPA dan DHA, keduanya penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 lebih mempunyai kemampuan berpikir tajam. Para ahli menyebutkan meskipun tuna mengandung asam lemak omega-3, tetapi ikan salmon lebih banyak kandungan omega 3 dibandingkan dengan ikan tuna.


2.  Telur

Telur merupakan sumber protein yang paling mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau. Kuning telur terbukti mengandung kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori otak anak. Untuk menambah selera makan si anak, Anda dapat menyediakan berbagi jenis variasi dari olahan telur.

Makanan untuk Kecerdasan anak


3.  Selai kacang

Selai kacang ternyata banyak mengandung vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang fungsinya melindungi membran sel saraf. Kandungan vitamin E dan thiamin membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa guna memproduksi energi yang dibutuhkan tubuh.


4.  Seluruh biji-bijian

Otak secara konstan membutuhkan suplai glukosa untuk menjalankan aktifitasnya. Sehingga kebutuhan tersebut dapat didukung dengan kandungan serat yang dihasilkan oleh dari biji-bijian. Serat yang terdapat pada biji-bijian akan membantu dalam mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh. Kandungan vitamin B yang terdapat di dalam gandum berguna untuk menjaga sistem saraf untuk tetap berfungsi sehat.


5.  Oat / Oatmeal

Olahan oatmeal yang paling populer yaitu sereal yang kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oatmeal dapat menyediakan energi untuk otak yang dibutukan oleh anak, sehingga pagi hari adalah waktu yang tepat mengkonsumsinya.Oatmeal banyak mengandung serta yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan anak. Oat juga merupakan sumber vitamin E, B, seng dan kalium yang membuat tubuh dan otak menjalankan fungsinya secara optimal.


6.  Jenis Buah

Secara umum seluruh buah mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, khususnya kelompok buah Berries mengandung kadar antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Kandungan tersebut  mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Beberapa penelitian menunjukkan kandungan dari ekstrak strawberry dan blueberry dapat memperbaiki fungsi daya ingat. Selain itu biji dari buah-buah berry kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat diperlukan dalam kesehatan otak terutama kecerdasan.


7.  Kacang-kacangan

Makanan dari kacang kacangan merupakan sumber energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang-kacangan mengandung serat, vitamin dan juga mineral. Menurut hasil penelitian, kacang merah mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dibandingkan jenis kacang lainnya, khususnya ALA - jenis asan lemak omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak. Kacang adalah makanan yang baik untuk otak anak anda dikarenakan dapat mempertahankan energi dan juga kemampuan berpikir.


8.  Sayuran berwarna

Warna pada buah dan sayuran merupakan indikasi bahwa buah dan sayran tersebut banyak mengandung antioksidan. Semakin mencolok warna sayuran maka semakin banyak pula anti oksidannya.Sayuran yang kaya antioksidan dan nutrisi yang akan membuat sel-sel pada otak sehat. Mengkonsumsi variasi sayuran memang sangat penting untuk kesehatan meskipun pada kenyataannya si kecil tidak menyukai sayuran, untuk itu anda dapat membuat olahan cemilan dari bahan dasar sayuran.


9.  Susu dan Yogurt

Olahan yang berasal dari produk susu memiliki kandungan protein tinggi dan vitamin B. Kandungan vitamin B dan protein  merupakan nutrisi  penting dalam perumbuhan jaringan otak dan juga enzim. Susu, olahan susu atau yogurt juga bisa membuat perut lebih tahan lapar karena adanya kandungan protein dan karbohidrat serta menjadi sumber energi bagi otak anak anda. Hasil riset menemukan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang telah direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting untuk otot dan saraf sistem siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

Itulah makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak, untuk mendapatkan hasil yang optimal biasakanlah secara rutin memberikan makanan tadi kepada buah hati anda. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat...

Baca juga artikel menarik yang lainnya, Cara Mengatasi Anak Malas Belajar.

0 Response to "AYAH BUNDA, INILAH MAKANAN UNTUK KECERDASAN ANAK"

Post a Comment