CARA AMPUH MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR

Anak Malas Belajar - Anak malas belajar merupakan salah satu masalah yang tidak jarang dihadapi oleh orang tua. Banyak faktor yang menyebabkan  anak menjadi malas untuk belajar. Misalnya anak lebih suka bermain, menonton TV, dan masih banyak hal yang lainnya.

Bagi anak yang malas belajar biasanya beranggapan bahwa belajar seperti membaca dan menulis tidak ubahnya kerja paksa, atau seperti kegiatan yang tidak menyenangkan sama sekali. Untuk itu orang tua harus mengetahui bagaimana caranya agar belajar menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi si buah hati. Sehingga buah hati anda dapat menganggap belajar merupakan suatu kebutuhan yang harus mereka lakukan. Lalu bagaimanakah caranya agar anak mau belajar, baik di rumah maupun di sekolah ?


Berikut adalah cara ampuh mengatasi anak malas belajar.

1.   Memberikan Reward atau hadiah

Bila anda sebagai orang tua sudah untuk bingung membujuk si buah hati agar mau belajar, reward adalah cara yang cukup manjur. Orang tua dapat menawarkan hadiah jika si kecil berhasil meraih nilai yang baik dikelas. Dengan adanya hadiah, anak akan menjadi lebih bersemangat dan tidak malas belajar lagi.

2.   Mendampingi anak belajar

Anak akan menjadi merasa lebih diperhatikan apabila orang tuanya selalu mendampingi si kecil ketika dia belajar. Perasaan merasa diperhatikan akan berdampak pada psikologi anak dan itu akan mendorong dirinya untuk semangat belajar. Ciptakan suasana menyenangkan agar tidak membosankan dan juga biasakan untuk mengajari anak dengan penuh kesabaran.

3.   Menjadi orang tua yang sabar dan tidak emosional

Saat anda mengajari si buah hati untuk membuat tugas sekolahnya, ajari dengan telaten sebaiknya jangan samapi memarahinya. Memarahinya tidak akan membuat anak menjadi pandai seketika, yang ada anak merasa kapok dan enggan untuk belajar lagi.

4.   Belikanlah buku dengan hiasan yang menarik

Menggugah semangat belajar buah hati dapat dilakukan dengan membeli buku-buku yang menarik perhatiannya. Misalnya, jika buah hati anda menyukai tokoh pahlawan super ironman, maka yang perlu anda lakukan adalah membeli perlengkapan sekolah dengan motif tokoh pahlawan super tersebut. Dengan cara itu anak akan mudah tergugah untuk rajin belajar.

5.    Ciptakanlah suasana belajar sambil bermain

Belajar sambil bermain merupakan cara yang ampuh untuk mencegah kebosanan anak dalam belajar. Sebagai contoh, anda dapat membelikan beberapa jenis mainan yang memiliki nilai edukasi seperti balok susun yang diurutkan huruf alfabet dan jenis mainanlain yang menambah pengetahuan anak. Berdasarkan pendapat para ahli daya serap otak anak terbesar adalah saat dimana perasaannya senang, sama seperti saat dia bermain.

CARA MENGATASI ANAK MALAS


6.   Game edukasi

Saat ini anak sudah sangat akrab dengan yang namanya game, anda dapat mendownload berbagai jenis game edukasi yang saat ini banyak tersedia di google playstore. Dengan belajar dalam versi game seperti ini, anak secara tidak sadar merasa bermain padahal dirinya di saat yang bersamaan juga belajar. Trik ini sudah banyak digunakan oleh orang tua dan banyak dari mereka yang mengakui trik ini sebagai salah satu cara ampuh untuk membuat anak menjadi semangat belajar.

Itu tadi ulasan tentang cara ampuh mengatasi anak malas belajar  yang dapat anda terapkan dirumah. Jika anak sudah suka dan rajin  belajar di rumah, tidak menutup kemungkinan ia juga senang untuk belajar di sekolah.

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat...

Baca juga artikel yang lainnya, Cara Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak.

0 Response to "CARA AMPUH MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR"

Post a Comment