CARA MEMBUAT JAMU BERAS KENCUR SEHAT ALAMI PRAKTIS


Jamu Beras Kencur - Jamu beras kencur merupakan jamu yang masih populer dikalangan masyarakat. Sampai sekarang masih banyak masyarakat yang menyakini akan khasiat jamu ini. Jamu merupakan warisan dari nenek moyang asli bangsa Indonesia. Jamu dapat dikatakan sebagai minuman herbal yang menyehatkan tubuh, termasuk jamu beras kencur.

CARA MEMBUAT JAMU BERAS KENCUR SEHAT ALAMI PRAKTIS

Sebenarnya cara membuat jamur beras kencur sehat alami itu sangat mudah. Tidak perlu khawatir untuk menyiapkan bahan-bahannya, karena semua bahannya tersedia di supermarket apalagi di pasar tradisional. Bagaimana tertarik untuk mencoba membuatnya, berikut ini adalah cara membuat jamur beras kencur yang sehat alami praktis.

Bahan-bahan:
-     Beras putih 200 gram
-     Kencur 6 ruas jari
-     Jahe 2 ruas jari orang dewasa
-     Asam jawa 2 sendok makan
-     Kunyit 2 ruas jari
-     gula jawa 240 gram
-     Gula pasir secukupnya
-     Air matang
-     Garam secukupnya
-     daun pandan 2 pcs
-     jeruk nipis 2 buah


Langkah-langkah Pembuatan jamu:
  1. Rendamlah beras putih menggunakan air yang bersih dan higienis. Waktu yang dibutuhkan untuk merendah beras sekitar 3 jam.
  2. Selanjutnya, merebus air sebanyak 6 gelas sedang menggunakan panci. Sebaiknya merebus air menggunakan api yang sedang saja.
  3. Masukkanlah semua bahan (kecuali beras) yang telah disiapkan  ke dalam rebusan air. Tunggu sampai rebusan benar-benar mendidih, jangan diadu-aduk semua bahan sampai rata.
  4. Saringlah rebusan bahan menggunakan saringan agar terpisah antara ampas pandan, jahe, kunyit, kencur dengan air rebusan.
  5. Simpanlah dulu ampas bahan rebusan karena masih digunakan. Kemudian tumbuk ampas bersama pandan, jahe, kunyit, kencur dan beras hingga halus atau untuk lebih praktis anda bisa menggunakan blender.
  6. Langkah selanjutnya adalah dengan mencampurkan air rebusan tadi dengan hasil tumbukan atau hasil blender yang tadi.
  7. Selanjutnya, jeruk nipis dipotong menjadi dua bagian, perasnlah jeruk nipis dan masukan ke dalam jamu. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya saja agar rasanya lebih mantap.
  8. Jamu beras kencur sehat alami sudah siap dinikmati, supaya lebih segar dapat ditambahkan es batu secukupnya.

CARA MEMBUAT JAMU BERAS KENCUR
Dengan mengkonsumsi jamu beras kencur sehat alami praktis ini anda dapat menjaga kesehatan tubuh setiap saat. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat...

Baca juga artikel menarik lainnya, Cara Mudah Membuat Jamu Kunyit Asam.

0 Response to "CARA MEMBUAT JAMU BERAS KENCUR SEHAT ALAMI PRAKTIS"

Post a Comment